Minggu, 20 Februari 2011

Jerawat, bisakah sembuh?

Jerawat bisa disembuhkan. Namun dapat timbul lagi. Karena penyebabnya yang banyak sekali (multifaktorial)! Selain bakteri, penyumbatan saluran kelenjar minyak, makanan dan hormon adalah penyebab yang paling sulit dikontrol.

Pencegahan paling sederhana adalah menjaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci wajah. Selain itu menjaga atau sedikit berpantang makan makanan yang dapat menimbulkan jerawat, seperti coklat, susu (dan produk2 susu), cabai dan makanan berlemak sering dilaporkan dapat memicu munculnya jerawat.

Faktor hormonal adalah penyebab tersulit untuk dikendalikan. Terutama pada wanita. Menstruasi menyebabkan meningkatnya hormon estrogen sehingga meningkatkan produksi kelenjar minyak dan memudahkan jerawat untuk kambuh.

Inilah yang menyebabkan jerawat dapat disembuhkan namun mudah pula muncul lagi. Oleh karena itu perawatan kulit (terutama tipe berminyak) amatlah penting. Dan percayakan perawatan ini pada dokter spesialis kulit yang memang benar2 memiliki kompetensi dan mempelajari jerawat. Bukan pada dokter "kecantikan" yang sebenarnya adalah dokter umum yang belum memiliki kompetensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar