Minggu, 13 Februari 2011

Apa yang harus anda lakukan ?

·  1.     Cuci muka 2 kali sehari dengan sabun muka dan air, lalu keringkan dengan lap pencuci muka yang lembut, jangan menggosok muka terlalu keras.
·  2.     Jangan memakai krim wajah yang tidak disarankan dokter, termasuk menghindari make up jenis 'compact' atau 'two way cake', yang mungkin mengandung minyak, lemak atau lilin. Mungkin anda berpikir kulit wajah anda kering karena ada sisik-sisik di wajah, namun sesungguhnya sisik-sisik tersebut adalah minyak yang mengering. Bila pengobatan yang anda lakukan memperlihatkan kerjanya, maka kulit anda menjadi kering, bahkan dapat merekah atau 'kemeng' terutama di sekeliling mulut atau di tepi dagu. Untuk mengatasinya gunakan krim pelembab atau krim anti iritasi. Jika kulit anda menjadi merah dan terasa tidak enak, pengolesan obat dihentikan dulu satu atau dua malam, sampai kemerahan dan perasaan tidak enak itu hilang. Setelah itu pengobatan dilanjutkan seperti biasa.
·  3.     Anda boleh memakai bedak dan pemerah pipi yang berbentuk tabur ( jangan berbentuk padat / compact ). Untuk laki-laki harus mencukur kumis atau cambang secara teratur dan tidak boleh memakai minyak rambut, pomade atau hair tonic yang banyak mengandung minyak kecuali disarankan oleh dokter .
·  4.     Banyak penderita jerawat berkaitan dengan rambut yang berminyak dan berketombe. Untuk mengatasi hal tersebut dokter akan meresepkan obat oles lokal dan shampoo khusus.
·  Perbanyak istirahat, sekurang-kurangnya 8 jam sehari. Hindari olah raga berlebihan, karena akan meningkatkan pengeluaran keringat, yang biasanya diikuti peningkatan aktivitas kelenjar minyak.
·  6.     Faktor makanan / diet. Umumnya jerawat tidak dipengaruhi oleh diet ( makanan ), tetapi ada makanan tertentu yang dapat memperburuk jerawat pada orang-orang tertentu. Pada orang-orang seperti itu ada baiknya menghindari atau membatasi makanan berikut :
·  1.     Coklat
Meliputi permen coklat, es krim coklat, kelapa, kacang tanah, kacang terbungkus coklat, soda coklat, minuman cola.
·  2.     Produk dari susu :
Hindari susu murni ( homogenized ), yoghurt, krim susu kental, mentega, dan es krim.
Anda boleh minum susu skim ( nonfat ) 2 gelas sehari.
·  3.     Kacang-kacangan :
Terutama kacang tanah ( termasuk makanan berbumbu kacang tanah, misalnya : pecel, gado-gado, sate ayam, dsb ).
Untuk kemiri dan kacang mete dapat anda makan asal tidak berlebihan.
·  4.     Daging berlemak :
Misalnya daging anak domba, daging babi, hamburger, dan daging sapi berlemak. Ikan laut, ayam dan kalkun dapat anda makan, asalkan menggorengnya menggunakan minyak jagung ( bukan minyak kelapa atau minyak dari lemak hewani ).
Kentang goreng ( french fries ) juga harus anda hindari.
·  5.     Makanan dengan bumbu rempah-rempah :
Misalnya saus remah-rempah, sambal, saus tomat, daging asap yang berbumbu rempah-rempah juga pizza. 
·  Dengan mengikuti diet diatas bukan berarti anda harus melaparkan diri sendiri. Makanlah daging yang tidak berlemak, sayur-sayuran segar yang telah dimasak, buah-buahan ( juice ) dan minum air putih ( 4 - 6 gelas sehari ) terutama setiap bangun pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar